PT. Maju Bersama Transport

PT. Maju Bersama Transport
PT. Maju Bersama Transport adalah Penyedia Layanan Jasa Trucking dan Ekspedisi Darat, Laut, dan Udara dengan Rute Pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, NTB, dan NTT | Phone/Whatsapp at 0812-3576-1878

Tips Untuk Memastikan Keamanan Cargo

PT. Maju Bersama Transport (Jasa Shipment Trucking di Kota Surabaya) - Dalam artikel kali ini majubersamatransport.com akan membahas tentang Tips Untuk Memastikan Keamanan Cargo. Berikut artikelnya!


Menurut statistik terbaru, pembajakan truk telah menelan biaya Afrika Selatan lebih dari R3 miliar pada tahun lalu. Ini tidak hanya mempengaruhi perusahaan angkutan truk, tetapi juga bisnis yang mengirim atau dimaksudkan untuk menerima barang yang terlibat dalam pembajakan. Ini menempatkan keamanan kargo menjadi perhatian utama bagi sebagian besar pengangkut dan konsumen yang bergantung pada barang-barang mereka yang diangkut. 
Namun, ketika menyangkut tindakan pencegahan keselamatan yang digunakan dalam transportasi, tindakan keselamatan yang lebih lama dan lebih mendasar tidak lagi efektif. Penjahat terus menjadi lebih baik dalam melakukan yang terbaik, membuat perlindungan mata pencaharian berbagai perusahaan jauh lebih sulit.
Tips Untuk Memastikan Keamanan Cargo
Meskipun tidak ada kargo atau paket yang diangkut yang sepenuhnya kebal terhadap risiko pencurian, bagi perusahaan transportasi, ada beberapa cara untuk mengurangi paparan Anda terhadap skenario berbahaya dengan tips berikut:

1. Mengembangkan budaya keamanan perusahaan

Pertama, pastikan bahwa orang yang Anda pekerjakan dapat dipercaya. Jika diizinkan, sertakan penyelidikan latar belakang dan pemeriksaan obat-obatan ketika Anda mempekerjakan karyawan untuk bergabung dengan bisnis Anda. Melakukan pelatihan keamanan dan etika wajib, sehingga karyawan tahu apa yang harus dicari dan bagaimana melaporkan peristiwa yang mencurigakan.

Selama pengemudi anda dapat dipercaya, Anda sudah menghilangkan salah satu kemungkinan terjadinya pencurian, dan Anda memiliki lebih banyak ketenangan pikiran saat mengirim pengiriman.

2. Protokol pengambilan dan pengiriman

Jika protokol dan prosedur Anda efisien, proses pengiriman harus lancar. Pastikan pengemudi selalu diidentifikasi dengan benar dan mereka tahu persis di mana dan kapan mereka harus mengirimkan barang-barang mereka. Penting juga bagi mereka untuk mengetahui dengan tepat siapa orang yang harus mereka hadapi ketika mengirimkan barang. 

Ikatan ini kembali ke titik sebelumnya juga — mempekerjakan orang yang bisa dipercaya. Jika mereka tahu detail pasti ke mana mereka harus pergi, tidak ada kemungkinan miskomunikasi menyebabkan barang hilang atau merusak muatan.

3. Teruslah bergerak

Semakin lama sebuah trailer atau kontainer dimuat tanpa pengawasan, semakin tinggi risiko untuk pencurian. Pencuri lebih suka untuk tidak menghadapi pengemudi, sehingga mereka akan mencari saat truk tidak dijaga. Pastikan pengemudi jelas tentang perencanaan perjalanan. Ini termasuk mengidentifikasi berhenti bahan bakar, lokasi untuk singgah dan aman, berhenti berhenti dipantau.

Instruksikan pengemudi untuk menunggu sampai mereka menempuh perjalanan setidaknya 300 kilometer sebelum berhenti, kecuali ada keadaan darurat. Beberapa pencuri akan mengikuti truk sampai pengemudi berhenti, menunggu saat mereka mungkin meninggalkan truk tanpa pengawasan. Namun, kemungkinan seseorang untuk mengikuti truk sejauh 300 kilometer lebih kecil kemungkinannya.

4. Menyusun rencana keamanan

Jika terjadi keadaan darurat, atau jika Anda tahu kargo sedang bepergian ke daerah berbahaya, buatlah rencana keamanan. Di daerah dengan tingkat kejahatan tinggi, misalnya, Anda dapat mengidentifikasi rute alternatif atau moda transportasi. Penting juga untuk memiliki rencana darurat atau fitur keamanan di dalam kendaraan untuk diaktifkan oleh pengemudi jika mereka menyadari bahwa mereka berada dalam situasi berbahaya.

5. Lakukan dasar-dasarnya dengan benar

Yang paling penting, lakukan dasar-dasarnya. Dan lakukan dengan benar. Berikut adalah beberapa prosedur dasar yang harus dipastikan oleh semua bisnis transportasi:

  • Mendidik mereka tentang pembajakan hotspot dan area berisiko tinggi.
  • Ajarkan dan perlengkapi pengemudi untuk waspada terhadap lingkungan mereka dan tetap waspada saat mengemudi atau berhenti untuk beristirahat.
  • Gunakan kamera atau perangkat lunak keamanan kendaraan. Dengan kemajuan baru dalam penyimpanan data dan Wi-Fi, pengawasan video seluler kini lebih mudah diakses daripada sebelumnya bagi operator armada kecil dan besar. Kamera pengintai ini dapat menguatkan dan membantu memastikan keamanan kargo dengan lebih baik.

Dengan mengikuti 5 tips teratas untuk memastikan keamanan kargo Anda, Anda dan klien Anda dapat yakin bahwa Anda telah mengikuti semua langkah keamanan yang memungkinkan untuk pengiriman mereka. Tidak ada cara untuk memastikan bahwa pencurian tidak akan pernah terjadi, tetapi tips ini setidaknya merupakan dasar dari upaya bisnis untuk tidak menjadi bagian dari statistik pembajakan yang mengkhawatirkan di negara tersebut. (source: baclogistics.co)

Demikian artikel tentang Tips Untuk Memastikan Keamanan Cargo dari situs PT. Maju Bersama Transport. Semoga bermanfaat bagi kita semua!
Untuk terhubung dengan PT. Maju Bersama Transport di Social Media silahkan klik link berikut:

Salam,

PT. Maju Bersama Transport

www.majubersamatransport.com


Previous Post Next Post