MASALAH YANG BIASA TERJADI DALAM DUNIA JASA EKSPEDISI

Selamat datang di situs PT. Maju Bersama Transport. Berikut ini adalah pembahasan tentang Masalah Yang Biasa Terjadi Dalam Dunia Jasa Ekspedisi.
Armada PT. Maju Bersama Transport
PT. Maju Bersama Transport - Dari Kata "Ekspedisi", apa yang terlintas di dalam benak anda saat mendengar kata logistik? Mungkin yang pertama ada dalam benak anda merupakan pengiriman barang besar, pengiriman kontener, Jasa Cargo, Jasa Angkut Barang.

Masalah Yang Biasa Terjadi Dalam Dunia Ekspedisi di Indonesia

Pengerjaan pengiriman barang besar ini-bahkan tak semudah yang di pikirkan. Kkhususnya di Indonesia dimana banyak sebagian faktor-faktor yang memberi pengaruh maupun memperlambat perpindahan barang besar ini. 4 persoalan hal yang demikian antara lain:

1. Konektivitas Kelautan di Indonesia
Seperti yang kita semua tahu, Indonesia Adalah negara kepulauan yang cukup besar. Hal ini menjadi persoalan cukup besar untuk logistik Indonesia. Sebab perpindahan barang-barang besar antar pulau memakan waktu yang cukup lama dan tarif yang besar dan di tambah minimnya infrastruktur membikin konektivitas maritim menjadi keadaan sulit nomor satu.

2. Tarif Pengiriman
Tarif pengiriman barang juga menjadi salah satu dilema, dikarenakan Indonesia luas dan terbagi-bagi antar pulau. Karenanya truk maupun kapal yang mengankut barang juga memberikan harga-harga yang relative tinggi. Sebab mengirim barang dari satu tempat ke tempat lain tidaklah semudah yang dipikirkan.
Misalnya barang yang berkeinginan dikirim dari Jakarta ke Makassar semestinya di kirim ke Surabaya terlebih dahulu barulah dari pelabuhan yang ada di Surabaya, di kirim ke Sulawesi, dari model hal yang demikian bisa kita lihat bahwa ada tarif pengiriman darat, lalu ada tarif loading barang ke kapal laut, lalu pengiriman lewat trek laut, dan nantinya seharusnya di un-loading lagi ke truck di Sulawesi, dan dikarenakan banyaknya service yang semestinya diterapkan, karenanya tarif pengiriman barang menjadi mahal.

3. Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Informasi, dan Komunikasi

Banyak perusahaan-perusahaan logistik maupun perusahaan yang berharap mengirim barang, di hambat oleh belum adanya ketersediaan infrastruktur dan jaringan yang handal, masih terbatasnya jangkauan jaringan pelayanan non seluler, dan masih terbiasanya menerapkan metode manual (paper based system) dalam transaksi logistics.
4. Sumber Daya Manusia
Kualitas SDM dari beberapa agen logistics di daerah yang kadang masih dibawa standart kelayakan. Alhasil saat terjadi loncatan IT secara besar-besaran, diamana banyak pengusaha ekspedisi mulai berbondong-bondong beralih ke system kerja berbasis aplikasi dan website, kadanag SDM di daerah kurang mampu untuk mengikuti. 

5. Infrastruktur
Adapun salah satu persoalan di duni jasa ekspedisi aIndonesia merupakan dikarenakan banyak infrastruktur-infrastruktur Indonesia yang belum memedai dari jalan yang rusak hingga minimnya pelabuhan untuk docking kapal logistic, hal hal yang demikian membikin resiko pengiriman barang ke daerah yang jauh seperti jawa-sumatra maupun jawa-kalimantan menjadi tinggi, dan dikarenakan pengiriman barang memiliki resiko kecelakaan, karenanya harga pengiriman barang tersebutpun menjadi tinggi dan membuat masalah tersendiri dalam dunia Jasa Ekpedisi
Itulah beberapa masalah yang biasa terjadi dalam dunia ekspedisi yang perlu anda ketahui untuk perkembangan bisnis kedepannya. Untuk peran social media dalam dunia ekspedisi silahkan klik link ini.
Salam,

SHARE THIS: